Breaking News
Join This Site
Inilah Bahaya yang Di timbulkan dari Kebiasaan Menggigit Kuku

Inilah Bahaya yang Di timbulkan dari Kebiasaan Menggigit Kuku

Salah satu kebiasaan buruk yang sering kita temui dan sering menimbulkan masalah adalah kebiasaan menggigit kuku. Bagi yang sudah terbiasa, menggigit kuku memang terlihat menyenangkan. Tapi tahukah anda bahwa kebiasaan tersebut sangat berbahaya. Berikut bahaya yang bisa dialami seseorang jika selalu membiasakan menggigit kuku.
1. Mengundang bakteri.
Hal ini bisa terjadi ketika seseorang mencuci tangan hanya pada bagian permukaannya saja, terkadang bagian bawah kuku justru terlewatkan. Padahal bakteri yang terdapat pada bagian bawah kuku berjumlah dua kali lipat.
2. Terkena penyakit infeksi kuku.
Orang yang terbiasa menggigit kuku mempunyai kecenderungan terkena penyakit paronychia yang merupakan infeksi kulit disekitar kuku. Hal ini bisa terjadi disebabkan terlalu seringnya menggigit kuku sampai lecet pada bagian kuku dan kulit disekitarnya.
3. Timbul kutil.
Orang yang suka menggigit kuku cenderung terkena Human Pappillomavirus atau sering disingkat HPV. Jika virus ini sudah menempel ditangan maka tidak mnutup kemungkinan tersebar ke bagian tubuh yang lain.
4. Merusak gigi.
Kebiasaan menggigit kuku juga bisa mempengaruhi kesehatan gigi. Akibat yang bisa ditimbulkan adalah bergesernya posisi gigi, aus lebih awal, menjadi keropos dan dapat merusak susunan gigi sehingga gigi menjadi tidak selaras.
5. Kualitas kesehatan menurun.
Orang yang mempunyai kebiasaan menggigit kuku memiliki kualitas kesehatan yang lebih buruk dibandingkan yang tidak mempunyai kebiasaan tersebut. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan ini rentan terhadap masuknya bakteri, stres karena menahan rasa sakit dan masalah kesehatan lainnya.

Technology